Service Center Fingerprint

Masalah Umum Mesin Absensi Sidik Jari (Fingerprint) Dan Solusinya

Service Center Fingerprint – masalah dan solusinya, kali ini kita sambung lagi tentang masalah umum mesin absensi sidik jari.

Tapi sebelumnya saya ringkaskan masalah yang terjadi di posting sebelumnya, yaitu :

1. Identifikasi Sensor Lambat
2. Hang Macet
3. Tidak Menerima Scan
4. Jam dan Tanggal Tidak Sesuai
5. Tidak Bisa Terkoneksi dengan Komputer

Silahkan yang mau baca lengkapnya di link berikut ini:

Mesin Absensi Fingerprint Masalah dan Solusinya

Sekarang kita lanjut pada masalah umum mesin absensi sidik jari yang lain, tapi yang saya ingat saja

Tidak Tahu Cara Menggunakan Mesin Absensinya

Ya, mesin absensi fingerprint bukan termasuk alat yang sehari-hari di gunakan oleh masyarakat. Tidak sama dengan televisi atau smartphone yang bisa di gunakan tanpa harus membaca panduannya. Butuh pengetahuan dan panduan untuk mengoperasikan alat ini sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Saat ini masih banyak yang sudah membeli alat ini tapi tidak tahu cara menggunakannya. Jangankan hal yang rumit, kadang hanya cara absen saja tidak tahu caranya. Misalnya Bagaimana cara absen menggunakan password (kode) jika sidik jari sedang bermasalah? Pun ada yang tahu tapi tidak bisa maksimal. Sehingga kadang-kadang akhirnya tidak di pakai sama sekali. Sayang sekali.

Untuk itu pada saat membeli mesin sidik jari, jangan di lihat hanya harga murahnya saja. Harga yang murah kadang tidak di sertai dengan panduan yang memadai, sehingga yang terjadi adalah seperti gambaran di atas.

Pilihlah mesin yang minimal mempunyai buku panduan (user guide).

Karyawan Sudah Scan, Tapi Tidak Muncul Di Laporan

Hal ini sering terjadi.
Karyawan Anda sudah merasa scan, tapi di laporan absensinya di anggap tidak masuk alias alpha. Apa penyebabnya:

Memang karyawannya tidak scan atau sebenarnya scannya gagal tapi tidak sadar, Cara mengetahuinya dengan cek langsung di mesin. Mesin absensi fingerprint mempunyai menu untuk memeriksa scan di mesin. Cek data scan di mesin ini bisa di lakukan oleh administrator mesin dan juga dapat di lakukan oleh karyawan itu sendiri. Untuk Langkah pengecekannya bisa berbeda tiap tipe mesin. Biasanya ada dalam menu “Log” atau “Record”. Silahkan di cari menu tersebut. Di dalam menu ini Anda bisa melihat data scan per karyawan atau semua karyawan. Anda juga bisa melihat data pada tanggal-tanggal tertentu saja.

Data Belum Di tarik / Terkirim Ke Software

Bagi penggunakan koneksi konvensional, maka data scan “wajib” di download ke software, tidak bisa langsung terkirim ke software dengan sendirinya. Data belum terdownload bisa terjadi karena faktor lupa. Atau bisa juga karena gagal download. Untuk itu jadwalkan untuk download secara rutin. Atau pilih software yang ada fasilitas download terjadwal. Tapi bagi yang sudah menggunakan teknologi cloud, Anda bisa lebih tenang karena data otomatis akan terkirim ke server lewat internet. Jika internet Anda mati, maka data scan atau dikirim saat internet aktif.

Data Scan Sudah Di Download Tapi Karyawan Belum Di Beri Jadwal Kerja

Laporan absensi karyawan di hitung berdasarkan jam kerjanya serta mengikuti aturan umum absensi. Jika karyawan belum di beri jam kerja, maka scannya tidak bisa di hitung oleh software dan akhirnya di anggap tidak masuk dan tidak di tampilkan. Solusinya buat jam kerja terlebih dahulu kemudian jadwalkan ke karyawan bersangkutan.

Data Di Mesin Rusak Sebagian

Kasus ini jarang terjadi, tapi bisa terjadi ada data yang rusak akibat kejutan, misalnya listrik mati mendadak. Untuk kasus yang seperti sebaiknya di ikhlashkan saja. Untuk menghindari kejadian semacam ini, Gunakan backup baterai. Beberapa mesin absensi sudah di lengkapi backup baterai.

Tidak Bisa Akses Mesin Karena Administrator Mesin Resign

Mesin absensi karyawan sidik jari di lengkapi dengan hak akses. Hanya administrator yang di izinkan untuk mengakses menu mesin. Nah, masalah terjadi jika administrator mesin Anda resign dan lupa tidak serah terima mesin absensi fingerprint Anda. Jadinya tidak bisa mengakses mesin. Solusinya :

  • Hapus Administrator Mesin Anda Lewat Software
    Software absensi di lengkapi dengan fitur ini. Koneksikan mesin Anda dengan kabel LAN atau kabel USB. Kemudian cari menu pengaturan mesin dan hapus Administrator mesin. Fitur ini hanya menghapus hak akses administrator tanpa menghapus data karyawannya.
  • Bawa Ke Service Center
    Teknisi service center di lengkapi dengan tool khusus untuk bisa membuka mesin yang terkunci. Serahkan pada mereka. Tidak perlu mencari cara mengakali untuk membobol mesin absensi sidik jari ini. nah tempat Service Center Fingerprint atau perbaikan mesin akses bisa langsung datang ke kantor aksesmandiri.id

Data Di Aplikasi Hilang Karena Install Ulang Windows

Hal ini terjadi jika terjadi problem dengan sistem Windows di computer. Apakah kena virus atau sebab yang lain dan butuh diinstall ulang. Namun kadang kita lupa tidak membuat backup data absensi kita yang biasanya diinstall di drive C. Setelah diinstall ulang baru sadar datanya hilang. Solusinya bagaimana ?

  • Bagi pengguna mesin absensi berbasis PC seperti U.are.U, maka berdoalah agar data Anda bisa direcovery. Karena absensi jenis ini hanya menyimpan data di PC.
  • Bagi pengguna mesin absensi sidik jari standalone, maka bisa melakukan download ulang dari mesin. Asalkan belum dihapus di mesin.
  • Bagi pengguna teknologi cloud, Anda bisa lebih tenang, karena data Anda aman di server.
  • Disarankan untuk memilih software dengan fasilitas auto backup agar hal ini tidak terjadi.

Data scan dari mesin dimanipulasi oleh karyawan

Sebagian mesin absensi tidak mengenkripsi data yang didownload lewat flashdisk. Bagi karyawan yang nakal, maka mereka bisa membuka datanya, diedit baru diserahkan ke HRD. Hal ini tidak menguntungkan. Untuk itu pilihlah mesin yang ada fasilitas enkripsinya.

Masih ada problem lain yang terjadi di lapangan dan banyak variasinya. Pada tahap tertentu, tetap dibutuhkan teknisi dari service center fingerprint atau service center resmi mesin akses/absensi untuk mengatasinya. Untuk itu adanya tim support yang memadai patut dipertimbangkan. Satu lagi, jika kita menganggap data kita lebih berharga daripada hanya sebuah mesin, maka teknologi cloud (absensi online) bisa menjadi pilihannya.

Subscribe to our newsletter