Mesin Absensi Fingerprint

Seberapa urgent sih menggunakan mesin absensi bagi sebuah perusahaan?

Di era digital seperti saat ini, menggunakan mesin absensi bagi perusahaan perlu di perhitungkan. Penting bagi sebuah perusahaan memiliki system absensi karyawan yang praktis dan terstruktur.

Jika membandingkan dengan system absensi manual dengan metode tandatangan karyawan, tentu jauh dari kata praktis, bahkan cenderung ribet dan memakan banyak waktu saat input data ke komputer.

Kini perusahaan mudah dalam proses absensi karyawan dengan hadirnya mesin absensi yang masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri. Kini karyawan hanya perlu tap jari, atau scan wajah saat melakukan absen.

Alasan Perusahaan menggunakan Mesin Absensi

Berikut ini alasan perusahaan harus memiliki mesin absensi :

1. Demi Kenyamanan Karyawan

Dengan menggunakan mesin absensi, maka karyawan tidak perlu repot untuk membawa kartu ID ataupun harus mengantri untuk tanda tangan. Terkadang beberapa karyawan yang sedang terburu-buru untuk pergi bekerja. Suka lupa untuk membawa kartu pengenal untuk masuk perusahaan atau terkadang justru sering menghilangkan nya.

Penggunaan mesin bisa memberikan kenyamanan pada karyawan hanya dengan meletakkan jari atau scan wajah ke mesin. Data kehadiran sudah masuk ke dalam software.

2. Demi Keamanan Perusahaan

Mesin absensi sidik jari bisa mencegah terjadinya tingkat kecurangan yang mungkin terjadi oleh karyawan yang nakal. Setiap manusia memiliki pola sidik jari yang berbeda sehingga karyawan tidak akan bisa menitipkan absen ataupun datang terlambat. Penggunaan absensi konvensional oleh karyawan bisa memungkinkan data kehadiran termanipulasi.

3. Menggunakan Mesin Absensi untuk Efektivitas Waktu

Waktu bisa lebih hemat dan menjadi lebih efektif bagi karyawan untuk bekerja karena mesin itu tidak membutuhkan waktu lama. Sekitar 3 detik saja untuk mendeteksi kehadiran sehingga mereka memiliki banyak waktu untuk bekerja.

Selain itu, karyawan juga bisa menjadi lebih disiplin karena tidak bisa datang terlambat sebab dalam mesin sudah tersedia waktu yang bisa merekam jam kehadiran.

4. Efisiensi Biaya

Mungkin beberapa perusahaan menganggap bahwa membeli sebuah mesin absensi bisa mengurangi dana dan juga kas kantor sebab harganya yang mahal.

Namun jika Anda pikirkan dengan baik, pengeluaran dana untuk mesin itu hanya dilakukan di awal saja. Sebab mesin ini tidak membutuhkan kertas atau tinta untuk mendata karyawan setiap bulannya sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Dalam hal perawatan juga tidak perlu adanya biaya karena Anda hanya perlu mengelap dan membersihkan nya saja. Bila menggunakan cara konvensional, maka perusahaan harus mengeluarkan biaya setiap bulannya untuk pembelian peralatan.

5. Memudahkan Pendataan

Banyaknya karyawan dalam sebuah perusahaan tidak memungkinkan bagi pihak HR untuk mengawasi semua karyawan yang hadir dan juga bekerja lebih atau lembur. Dengan adanya mesin sidik jari yang tersambung dengan software komputer, maka pihak personalia bisa mudah untuk mendata keterlambatan karyawan, kehadiran, dan juga jam pulang karyawan sehingga laporan mudah di buat dan gaji juga mudah.

6. Investasi Jangka Panjang

Investasi yang di maksud bukan berarti sebuah perusahaan akan mendapatkan uang dalam jangka waktu tertentu. Namun investasi yang artinya adalah mesin tidak akan rusak dalam waktu yang lama sehingga perusahaan tidak perlu lagi untuk membeli teknologi yang serupa. Dengan garansi oleh pabrik pembuatnya bila terjadi kerusakan sehingga tidak perlu ada biaya yang lebih dan dana kas bisa berguna untuk kepentingan usaha.

Kesimpulan

Semoga dengan mengetahui alasan sebuah perusahaan harus memiliki mesin absensi tersebut bisa membantu perusahaan untuk menentukan dan memilih mesin absensi yang sesuai dengan kuota dan kapasitas karyawan serta finansial yang tersedia.

Hubungi kami untuk informasi tentang mesin absensi yang anda butuhkan.

Subscribe to our newsletter