Pertimbangan-dan-Cara-Menggunakan-Mesin-Absensi-Manual

Pertimbangan dan Cara Menggunakan Mesin Absensi Manual

Mesin absensi manual mungkin  saat ini sudah tidak populer lagi. Hal itu penyebabnya karena zaman yang terus berkembang ini. Apalagi saat ini sebagian besar sudah menggunakan teknologi yang lebih modern.

Pertimbangan dan Cara Menggunakan Mesin Absensi Manual
lelong.com.my

Apakah Masih Bisa Menggunakan Mesin Absensi Manual?

Jika ditanya bisa atau tidaknya, tentu masih bisa jika ingin menggunakan mesin absensi ini. Namun alat ini tergolong tidak praktis dan efisien untuk mencatat kehadiran karyawan.

Karena untuk merekap data dengan menggunakan alat ini membutuhkan waktu yang lebih lama. Kesalahan dalam melakukan proses perekapan juga tidak bisa terhindari atau kemungkinan besar akan terjadi.

Namun jika hanya untuk perusahaan kecil dengan user yang sedikit misalnya 50 orang, mesin ini masih worth it untuk digunakan. Apalagi jika perusahaan menginginkan mesin absensi yang memiliki harga terjangkau.

Memang mesin absensi ini terkenal akan harganya yag murah, namun teknologi yang ada akan jauh berbeda. Sehingga sebelum memilih mesin absensi ini, anda bisa mempertimbangkan beberapa aspek.

Hal yang Perlu Menjadi Pertimbangan

Sebelum memilih mesin absensi ini, lihat dulu apakah mesin ini bisa memenuhi kebutuhan anda. Jika anda membutuhkan mesin yang bisa mencatat waktu, tanggal, dan jumlah izin secara akurat, tentu mesin ini bukanlah pilihan yang tepat.

Atau misalnya anggaran untuk membeli mesin absensi terlalu kecil, mungkin mesin ini bisa menjadi pilihan. Terlebih lagi jika jumlah karyawan atau user hanya sedikit.

Apabila perusahaan anda mengedepankan kejujuran dan keadilan, mesin ini tidak terlalu menjadi rekomendasi. Karena mesin ini rentan mengalami kecurangan atau manipulasi data. Mesin ini juga cocok untuk perusahaan yang sistem gajinya harian atau borongan, karena lebih efisien tanpa input data

Cara Menggunakan

Masing masing karyawan akan mendapatkan kartu yang tersedia pada wadah yang sudah ada. Kemudian mereka memasukkan kartu tersebut ke dalam slot mesin dan mesin tersebut akan mengeluarkan kartu itu kembali.

Kartu yang keluar tersebut akan tercetak informasi mengenai waktu kedatangan atau pulang kerja karyawan tersebut. Jika karyawan datang terlambat, kartu tersebut akan keluar dengan tinta warna merah.

Mesin absensi manual ini biasanya akan digunakan oleh perusahaan yang baru saja berdiri dan memiliki sedikit karyawan. Jika anda rasa perusahaan masih efisien menggunakan mesin ini juga tidak ada salahnya untuk menggunakannya.

Subscribe to our newsletter